Kota Tasikmalaya

Berawan 24.2°C

0.0

Kota Resik

Alamat: Jl. Letnan Harun No. 1 Bungursari
Kota Tasikmalaya

Sejarah Kota Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya dibentuk berdasarkan UU No. 10 tahun 2001 tanggal 17 Oktober 2001 yang diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno atas nama Presiden RI. Ditandai dengan ditandatanganinya Prasasti yang sekarang diletakkan di Balekota Jalan Letnan Harun No. 1 Kota Tasikmalaya.

Pada awal terbentuknya Kota Tasikmalaya hanya memiliki 8 Kecamatan dengan 15 Kelurahan di 3 wilayah Kecamatan eks Kotif dan 54 Desa di 5 wilayah Kecamatan.

Sejarah Kota Tasikmalaya tidak jauh berbeda dari Induknya Kabupaten Tasikmalaya karena baik Tasikmalaya Kota maupun Tasikmalaya Kabupaten memiliki sejarah panjang yang sama. Namun apabila dilihat dari sisi pemerintahan, maka keberadaan Kota Tasikmalaya sebagai daerah otonomi tidak terlepas dari sejarah berdirinya kabupaten Tasikmalaya sebagai daerah kabupaten induknya.

Dahulu, wilayah Tasikmalaya kota sekarang merupakan ibukota dari kabupaten Tasikmalaya yang kemudian ditingkatkan statusnya menjadi Kota Administratif (Kotif) pada tahun 1976. Pada waktu itu A. Bunyamin menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya.

Hingga kemudian Kota Administratif Tasikmalaya menjadi pemerintahan kota yang mandiri pada saat Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya dipimpin oleh Bupati H. Suljana W.H.

Pada awal pembentukannya, wilayah kota Administratif Tasikmalaya hanya terdiri dari 3 (tiga) Kecamatan yaitu Kecamatan Cipedes, Kecamatan Cihideung dan Kecamatan Tawang dengan jumlah desa sebanyak 13 desa.

Hingga pada tahun 2001-2002, mulai dibentuk pemerintahan Kota Tasikmalaya yang disahkan melalui Undang-undang Nomor 10 Tahun 2001 tanggal 17 Oktober 2001. Sehingga mulai saat itu, tanggal 17 Oktober diperingati sebagai Hari Jadi Kota Tasikmalaya.

Walikota Tasikmalaya

Pembentukan pemerintahan Kota Tasikmalaya sebagai pemerintahan daerah otonom ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden RI di Jakarta bersama-sama dengan kota Lhoksumawe, Langsa, Padangsidempuan, Prabumulih, Lubuk Linggau, Pager Alam, Tanjung Pinang, Cimahi, Banjar, Batu, Sikawang dan Bau-bau.

Pada tanggal 18 Oktober 2001 Drs. H. Wahyu Suradiharja sebagai Pejabat Walikota Tasikmalaya Otonom pertama oleh Gubernur Jawa Barat dilaksanakan di Gedung Sate Bandung.

Tentang Kota Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya adalah salah satu kota di provinsi jawa barat yang berada di wilayah priangan timur. Kota Tasikmalaya yang diresmikan pada 17 Oktober 2001 ini merupakan kota yang cukup maju di wilayah priangan timur.

Foto sumber: Istimewa
Belum ada ulasan

WALIKOTA & WAKIL WALIKOTA
Kota Tasikmalaya

WALIKOTA
Drs. H. Budi Budiman
WAKIL WALIKOTA
Drs. H. Muhammad Yusuf

Tahun 2021

Data Statistik Kota Tasikmalaya

  • Kecamatan10
  • Kelurahan/Desa69
  • RW847
  • RT3.553
  • Penduduk± 719.882 orang

Sumber: tasikmalayakota.go.id

Sedang Populer
di PRIANGAN TIMUR

MoLe Coffee
0.0
MoLe Coffee

Kota Tasikmalaya

Copyright © 2020 PrianganTimur.COM