Kota Santri adalah julukan terkenal bagi Tasikmalaya yang kini sejak 2002 telah mekar menjadi 2 pemerintahan (Kabupaten & Kota). Kini, Ibu Kota Kabupaten berada di Kecamatan Singaparna, sementara Ibu Kota untuk Pemerintahan Kota Tasikmalaya berada di pusat kota. Kemajuan Tasikmalaya baik kota maupun kabupaten sangat terasa signifikan. Salah satu yang bisa dijadikan indikator adalah dengan berdatangan para pemodal yang mendirikan berbagai tempat bisnis seperti hotel, rumah makan dan lain sebagainya.

Sepertinya halnya kota lain di priangann timur, Tasikmalaya juga merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat yang memiliki pemandangan alam elok dengan pesona tak terlupakan, Secara geogratif di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Majalengka, di sebelah Timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Ciamis, di sebelah selatannya adalah Samudera Hindia yang membentang, sementara di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Garut.

Jarak dari Ibu Kota Provinsi kurang lebih 100KM dan bisa ditempuh kurang lebih 3 jam perjalanan kendaraan. Untuk menuju Tasikmalaya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum bis, kereta api dan bahkan kedepan bisa di tempuh dengan menggunkan pesawat udara.

Seperti halnya kota lainnya di priangan timur, Tasikmalaya juga memiliki banyak sekali hal-hal yang terkenal, salah satu yang terkenal dari Tasikmalaya adalah masyarakatnya yang kreatif, hal ini terbukti dengan banyaknya hasil kerajinan tangan seperti kelom geulis, payung geulis, bordir, batik dan lain-lain. Pantai Cipatujah, Situ Gede, Gunung Galunggung serta berbagai macam kuliner yang menggoda selera. Dan yang jangan pernah dilupakan oleh semuanya adalah sejarah Garut yang juga sangat terkenal.

Untuk mengenai informasi terkini mengenai Tempat Bisnis, Kuliner, Wisata, Pendidikan dan tempat lainnya di Tasikmalaya silahkan bisa klik Direktori Kota Tasikmalaya.