Resep Tahu Pletok yang Enak, Gurih dan Renyah – Salah satu jajanan yang ekonomis namun enak adalah tahu pletok. Tahu pletok selain menjadi teman saat berkumpul, tahu pletok sendiri juga sangat pas dan cocok untuk acara-acara tertentu lainnya seperti acara arisan, kumpul keluarga, hajatan dan lain sebagainya. Rasa yang enak dan gurih memang sangat cocok dihidangkan sebagai salah satu menu camilan untuk menyambut tamu. Tahu pletok memang disukai banyak orang dari anak kecil, para pemuda pemudi hingga orang dewasa.

Resep Tahu Pletok yang Enak, Gurih dan Renyah
Sumber: Google

Tahu pletok adalah salah satu camilan atau makanan sejenis gorengan yang saat ini memang sedang trend dan tenar sekali. Nama * PLETOK * yang sedikit aneh dari tahu pletok memang membuat ketertarikan tersendiri bagi setiap orang untuk mencoba untuk menikmatinya. Usut punya usut disebut tahu pletok karena saat penggorengan tahu pletok sering berbunyi peltok pletok pletok sehingga di beri nama tahu pletok. Rasa yang diberikan juga sangat unik, gurihnya tahu dengan isian tepung sagu yang enak dengan bumbu yang pas .

Apalagi jika dinikmati selagi hangat dengan sambal kecap pedas gurih yang lezat , tentunya akan menciptakan rasa yang sangat gurih lezat disetiap gigitannya, enak dan sangat gurih makyus sekali sangat cocok dinikmati sebagai teman berkumpul dengan teman atau keluarga dirumah. Tahu pletok salah satu jajanan yang cukup murah dan dapat dibilang sangat ekonomis.

Resep Tahu Pletok yang Enak, Gurih dan Renyah

Membuat tahu pletok sendiri sangat lah mudah dan dapat dibilang tidak sulit. Anda tidak harus mempunyai keahlian khusus untuk membuat tahu pletok. Apalagi bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapat dan terjangkau. Anda dapat mencari bahan-bahan yang di butuhkan di pasar tradisional atau di tempat belanja yang biasa anda kunjungi. Nah, untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara pembuatan tahu pletok, silahkan simak resep tahu pletok berikut.

Bahan-bahan :

  • 10 buah tahu kuning kecil, cuci bersih, belah 2 jadi segitiga
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung sagu tani
  • Secukupnya royco/garam
  • 1 batang daun bawang iris tipis
  • Secukupnya Minyak goreng
  • Secukupnya cabai rawit

Langkah-langkah pembuatan tahu pletok :

  1. Masukkan tepung beras & sagu ke dalam mangkok, bumbui dengan royco /garam, tambahkan irisan daun bawang, aduk rata
  2. Kerok bagian dalam tahu, masukkan kerokan tahu ke dalam mangkok tepung, haluskan dan campur sampai merata dengan tepung
  3. Tambahkan air sedikit saja agar adonan menyatu, jangan terlalu kental atay encer, teksturnya tetap padat
  4. Masukkan adonan ke dalam tahu kuning yg sudah dikerok
  5. Panaskan minyak goreng, masukkan tahu ke dalam penggorengan, goreng hingga kering dan matang,atau bisa juga di kukus. Bisa juga disimpan dl di kulkas
  6. Tahu pletok /tahu aci siap disantap, sajikan panas dengan cabe rawit/cocolan sambal kecap, sesuai selera Anda

Bagaimana, cukup mudah kan cara membuat tahu pletok? Selamat mencoba dan menikmati bersama keluarga Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here