Resep Sambal Cibiuk Khas Garut – Sambal merupakan pelengkap yang harus ada ketika kita hendak makan di Jawa Barat maupun di Indonesia. Berbagai macam sambal ada di Negeri Indonesia ini, termasuk salah satu sambal favorit yaitu Sambal Cibiuk yang berasal dari Garut. Sambal Cibiuk khas Garut ini berbeda dengan sambal pada umumnya. Sambal Cibiuk ini menggunakan Tomat hijau sebagai campuran sambalnya. Tapi rasanya tetap pedas dan nikmat.

Nah untuk kali ini kita akan berbagi resep sambal Cibiuk khas Garut. Bagi anda penggemar sambal silahkan simak baik-baik supaya anda bisa membuatnya di rumah.

Resep Sambal Cibiuk Khas Garut

Resep Sambal Cibiuk Khas Garut

Bahan-bahan

  1. Tomat hijau segar 3 buah, dipotong kasar
  2. Cabai rawit hijau segar 10 buah
  3. Terasi ½ sendok teh, dibakar
  4. Kencur 2 cm
  5. Daun kemangi 5 pucuk
  6. Garam halus ½ sendok teh

Cara membuat

  1. Silahkan anda siapkan cobekan, tanah liat atau batu tidak masalah yang penting sudah dicuci bersih.
  2. Letakkan bahan-bahan seperti cabe rawit hijau segar, kencur, terasi, dan bawang merah pada cobekan yang sudah disiapkan lalu beri taburan garam halus secukupnya. Anda juga bisa menambahkan vetsin secukupnya bila suka. Kemudian ulek bahan-bahan tersebut sampai tidak terlalu halus.
  3. Tambahkan sambal yang sudah diulek dengan tomat hijau segar yang sudah diiris menjadi beberapa potong. Kemudian bejak kasar.
  4. Supaya beraroma wangi dan rasanya lebih sedap, tambahkan juga kemangi dan ulek kembali sampai tercampur dengan bahan sambal lainnya.
  5. Hidangkan sambal cibiuk garut sebagai pelengkap bersama lalapan segar.

Sambal Cibiuk buatan sendiri siap menemani makan anda. Paling enak dipadukan dengan Nasi Timbel dan Ayam Goreng. Membuat sambel cibiuk ini sangatlah mudah, mungkin anda hanya memerlukan waktu 10 menit saja. Anda bisa membagikan resep sambal cibiuk ini kepada teman anda, saudara anda, atau tetangga anda yang sangat suka dengan sambal. Pasti mereka senang sekali bisa merasakan sambal cibiuk yang pedas dan nikmat ini. Selamat mencoba, Semoga Bermanfaat. Lihat resep masakan lainnya di website kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here