Resep Cara Membuat Kue Bolu Sakura yang Lezat, Lembut dan Empuk – Ketika mendengar nama kue yang satu ini pasti kita langsung terbayang dengan bentuk bunga sakura nan cantik. Walaupun sejatinya bentuk kue ini tidak benar-benar mirip bunga sakura, tapi cukup cantik untuk menyandang nama tersebut.

Bolu sakura adalah bolu kukus sederhana dengan rasa khas caramel yang gurih dan enak, kue sakura termasuk kue tradisonal yang masih disukai sampai sekarang. Jajanan pasar yang cukup murah ini berwarna kecokelatan sehingga sekilas seperti mengandung gula merah.

Untuk cara membuat bolu sakura ini ternyata cukup mudah lho, apalagi saat ini sudah menjelang ramadhan. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah dengan resep dibawah ini.

Resep Cara Membuat Kue Bolu Sakura yang Lezat, Lembut dan Empuk

Resep Cara Membuat Kue Bolu Sakura yang Lezat, Lembut dan Empuk
Sumber: Coockpad

Bahan-bahan :

  • 2 butir telur
  • 125 gram gula pasir
  • 1/2 sdt vanilla
  • 200 gram terigu protein sedang
  • 25 gram maizena
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
  • 75 gram margarin, lelehkan

Bahan Sirup Karamel :

  • 125 g gula pasir
  • 250 ml air

Langkah-langkah pembuatan kue bolu sakura yang lezat :

  1. Sirup karamel: Panaskan gula pasir di dalam wajan/panci dengan api kecil/sedang hingga gula terlihat kuning kecokelatan. Jaga jangan sampai gula menjadi hangus/terlalu coklat karena akan pahit. Tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga air habis. Masak hingga mendidih dan seluruh gula larut. Angkat dan dinginkan.
  2. Panaskan kukusan dengan api sedang, bila menggunakan dandang bungkus tutupnya dengan serbet bersih. Olesi cetakan bolu sakura dengan margarin. Sisihkan.
  3. Campur dan ayak tepung terigu, maizena, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
  4. Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, kental dan pucat. Masukkan vanilla. Masukkan secara bertahap sirup karamel yg telah dingin sambil dikocok dengan kecepatan rendah.
  5. Masukkan campuran tepung bertahap dan aduk rata dengan spatula atau mixer kecepatan rendah.
  6. Masukkan margarin cair dan aduk dengan spatula hingga rata dan homogen.
  7. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga 3/4 penuh. Kukus selama 15-20 menit hingga matang. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Sajikan.

Catatan : Hati-hati ketika menuang air ke karamel panas karena akan memercik. Gunakan air panas untuk mengurangi percikan dan pakai sarung tangan dapur/hand gloves bila perlu untuk melindungi tangan dari percikan. – 1 resep jadi 20 bolu sakura cetakan kecil.

Demikianlah resep kue bolu sakura yang Lezat, Lembut dan Empuk mengembang ini. Kue bolu sakura ini juga cocok sekali disajikan untuk kue lebaran. Selamat mencoba resep ini dirumah ya dan semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here