Memilih Daging dan Jenis Daging yang Tepat – Daging yang dimaksud disisni adalah daging sapi. Mungkin tak terbilang beberapa kali anda dalam seminggu memasak atau makan daging sapi (Selanjutnya akan disebut daging).

Tetapi tak pernah kita sadari jenis daging apa yang kita santap atau daging apa yang pas untuk dibuat masakan tertentu. Padahal kelezatan hidangan dengan daging  amat tergantung pada pilihan dagingnya baik secara kualitas maupun kecocokan tadi.

Memilih Daging dan Jenis Daging yang Tepat

Secara kualitas, daging yang baik bisa dilihat dari :

  • Warna

Daging yang masih segar berwarna merah hati tua.

  • Kelembutan

Makin banyak otot yang terkandung dalam daging , makin keraslah daging tersebut dan makin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk memasaknya. Karena itulah daging yang membutuhkan waktu memasak lebih lama seperti rendang atau semur, lebih pasa kalau digunakan daging yang agak berotot. Sebaliknya untuk steak yang waktu memasaknya relatif singkat harus menggunakan daging yang otornya tidak banyak.

Namun tak bisa dipungkiri jika kualitas dagingnya buruk, di tempat yang seharusnya tidak banyak ototnya pun, terasa keras. Terutama sapi-sapi yang ketika dipelihara juga dipekerjakan untuk membajak sawah. Untuk mengetahui kelembutan daging ini, tekan daging dengan jari telunjuk anda untuk mengetahuinya. Daging harus terasa kenyal, tetapi tidak keras.

  • Aroma

Aroma daging yang segar tidak berbau sama sekali. Jangan ragu untuk mencium daging yang Anda pilih supaya mendapat daging yang berkualitas.

  • Lemak

Lemak daging berwarna putih atau kekuningan. Daging yang tanpa lemak sama sekali akan terasa kesat dan tidak enak. Sebaliknya daging yang kebanyakan lemak pun kurang enak disantap. Nah, untuk amannya pilihlah daging yang tidak terlalu banyak lemaknya, kecuali memang diperlukan dalam masakan itu.

Jenis Daging yang Sesuai

Secara umum, kalau dipetakan, daging sapi bisa dipotong seperti di bawah ini:

1. NECK (Leher)

Biasa dipotong kotak-kotak.

2. CLOD (Sedikit di bawah leher)

Biasa dibuat daging giling.

3. CHUCK

Perlu waktu memasak yang lama.

4. SLADE

Daging ini termasuk yang dipilih orang kala membuat steak.

5. BACK RIB (Iga)

Digunakan untuk membuat sup atau dibakar.

6. FORE RIB

Iga yang ini pun cocok untuk dibakar maupun disup.

7. SIRLOIN

Jenis Daging ini akan menghasilkan steak yang lezat dan banyak diminati orang. Dalam bahasa kita biasa disebut lemusir.

8. RUMP

Daging ini termasuk yang sering dipilih orang karena lemaknya yang tidak banyak.

9. TOPSIDE

Bagian paha belakang ini juga termasuk bagian daging yang cukup lezat.

10. LEG (Kaki)

Meski Agak keras, tetapi penggemarnya tetap ada untuk dijadikan sup atau soto.

11. SKIRT

Bagian daging ini punya keharuman yang luar biasa. enak dipanggang. Untuk dibuat steak lebig enak bila dibakar sampai matang (well done).

12. FLANK

Aroma dan kegurihan daging bagian ini cukup oke. Sayangnya dagingnya agak keras.

13. THIN RIB

Iga yang tipis ini biasanya dijual tanpa tulang dan dilapisi lemak. Rasanya tentu saja enak dan cukup empuk untuk dibuat dalam masakan yang singkat waktu memasaknya.

14. BRISKET

Ini adalah bagian dada sapi. Cukup berlemak, tetapi berotot. Kadang dijual dalam keadaan tergulung. Anda bisa membuat masakan yang memasaknya membutuhkan waktu yang lama.

15. SHIN

Bagian kaki depan ini kadang dijual sudah dalam bentuk potongan. Enak dibuat sup atau soto. Sangat dianjurkan untuk menggunakan panci tekan saat memasaknya.

16. THICK RIB

Daging tanpa tulang ini memiliki aroma yang sangat baik. Masakan yang cocok adalah dipanggang secara perlahan-lahan.

Sekadar pegangan untuk beberapa masakan kita, anda bisa meniru yang kami sarankan.

Terimakasih telah mengunjungi Priangantimur.com. Anda dapat melihat informasi lainnya di sini. Jika anda ingin membuat website seperti ini anda dapat mengunjungi Trivitaweb.com untuk info lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here