Tentang Priangan Timur

Priangan atau orang-orang menyebutkan tanah parahyangan merupakan sebuah daerah yang memiliki banyak gunung-gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat Indonesia. Wilayah Priangan secara tradisional mencakup Ciamis termasuk Banjar & PangandaranTasikmalaya, Garut, Sumedang, Cimahi, Bandung, Cianjur, Sukabumi dan Bogor. Masyarakat priangan disebut juga masyarakat sunda, karena seluruh Provinsi Jawa Barat ini di diami oleh suku sunda, yang merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia.

Secara etimologi, Priangan atau Parahyangan sering diartikan sebagai tempat para rahyang atau hyang. Masyarakat Sunda kuno percaya bahwa roh leluhur atau para dewa menghuni tempat-tempat yang luhur dan tinggi, maka wilayah pegunungan di anggap sebagai tempat hyang bersemayam.

Sejak zaman Kerajaan Sunda, wilayah pengunungan di tengah Jawa Barat dianggap sebagai kawasan suci tempat hyang bersemayam. Menurut legenda Sunda, tanah Priangan tercipta ketika para dewa tersenyum dan mencurahkan semua berkah dan restunya. Kisah ini bermaksud untuk menunjukkan keindahan dan kemolekan alam Tatar Sunda yang subur dan makmur.

Priangan saat ini merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat yang mencakup Kabupaten Cianjur, Bandung, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis, yang luasnya mencapai sekitar seperenam pulau Jawa (kurang lebih 21.524 km persegi). Bagian utara Priangan berbatasan dengan Karawang, Purwakarta, Subang dan Indramayu yang masih termasuk wilayah Provinsi Jawa Barat; sebelah selatan berbatasan dengan Majalengka, Kuningan; dengan Provinsi Jawa Tengah di sebelah timur dibatasi oleh sungai Citanduy; di barat berbatasan dengan Bogor dan Sukabumi, sedangkan di selatan berhadapan dengan Samudera Indonesia.

Relief tanah daerah Priangan dibentuk oleh dataran rendah, bukit-bukit dan rangkaian gunung-gunung. Terdapat sangat banyak sekali gunung-gunung, diantaranya Gunung Gede, Gunung Ciremai (termasuk dalam wilayah administratif Majalengka, Kuningan, dan Ciamis), Gunung Kancana, Gunung Masigiti, Gunung Padang (Cianjur), Gunung Salak, Gunung Halimun (termasuk dalam wilayah administratif Bogor dan Sukabumi); Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, Gunung Malabar, Gunung Bukit Tunggul (Bandung); Gunung Tampomas, Gunung Calancang, Gunung Cakra Buana (Sumedang); Gunung Guntur, Gunung Haruman, Gunung Talagabodas, Gunung Karacak, (Garut); Gunung Cupu, Gunung Syawal (Ciamis). Selain Gunung Galunggung yang terkenal, hampir banyak nama tempat hingga saat ini bernama gunung, seperti gunung sabeulah, gunung pongpok, gunung singa, gunung koneng, gunung kialir, gunung pereng, gunung kicau, gunung gede, gunung tandala dan banyak lagi. Bahkan Tasikmalaya terkenal juga dengan sebutan kota seribu gunung, meskipun gunung-gunung itu kini sebagiannya hanya tinggal nama.

Selain dikelilingi oleh rangkaian pegunungan yang membentang, wilayah priangan juga kaya dengan sungai, sehingga menjadikan wilayah priangan ini adalah wilayah yang sangat subur.

Pesona Priangan Timur

Seperti telah di bahas diatas bahwa Priangan merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat yang meliputi wilayah Bogor, Cianjur, Sukabumi, Bandung, Sumedang Garut, Tasikmalaya, Ciamis sampai perbatasan Jawa Tengah. Adapun Priangan Timur adalah wilayah priangan sebelah timurnya parahyangan (priangan). Kata Priangan Timur ini lebih di kenal di telinga masyarakat dibanding dengan Priangan Barat, Priangan Utara maupun Priangan Selatan. Adapun kota yang termasuk ke dalam Priangan Timur mulai dari Sumedang, Garut, Tasikmalaya dan Ciamis (termasuk Banjar & Pangandaran).

Pesona priangan timur sangatlah beragam, baik alamnya maupun potensi bisnis dan lain sebagainya sangatlah banyak dan belum terexplore dengan maksimal. Sehingga masih banyak para wisatawan (asing maupun domestik) belum mengenal baik mengenai apa yang ada di priangan sebelah timur ini, mungkin bisa jadi termasuk Anda.

Untuk itu, berikut adalah Kota Kota yang berada di Wilayah Priangan Timur:

Sumedang

Kota Sumedang merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, memiliki 26 kecamatan yang terdiri dari desa dan kelurahan. Ibukotanya adalah kecamatan Sumedang Utara, terletak sekitar 45 km Timur Laut Kota Bandung sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Barat. Di sebelah utara Kabupaten Sumedang ini berbatasan dengan Kabupaten Indramayu, di sebelah timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Majalengka, dengan Kabupaten Garut di sebelah selatan, dengan Kabupaten Bandung di barat daya, serta di sebelah barat berbatasan langsung dengn Kabupaten Subang.

Untuk menuju Kota Sumedang, dari Kota Bandung bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan kendaraan. Bagi Anda yang sering bepergian Bandung – Cirebon sudah tentu akan melewati Kota Sumedang yang indah ini.

Banyak yang terkenal dari Kota Sumedang ini, diantaranya Tahu Sumedang, Ubi Cilembu, Gunung Tampomas, Cadas Pangeran, Sekolah IPDN (dulu STPDN). Dan yang jangan pernah dilupakan oleh semuanya adalah sejarah Sumedang yang sangat terkenal.

Untuk mengenai informasi terkini mengenai Tempat Bisnis, Kuliner, Wisata, Pendidikan dan tempat lainnya di Kota Sumedang silahkan bisa klik Direktori Kota Sumedang.

Garut

Kota Garut juga merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat yang memiliki pemandangan alam elok dengan pesona tak terlupakan, memiliki 42 kecamatan yang terdiri dari desa dan kelurahan. Ibukotanya adalah kecamatan Garut Kota. Di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Sumedang, di sebelah Timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Tasikmalaya, di sebelah selatannya adalah Samudera Hindia yang membentang, sementara di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Cianjur.

Untuk menuju Kota Garut dari Kota Bandung bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan kendaraan. Bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum bis dan kereta api.

Seperti halnya Kota Sumedang, Kota Garut juga memiliki banyak sekali hal-hal yang terkenal, Jeruk Garut, Domba Garut, Dodol Garut, Pantai Santolo di Kecamatan Pameungpeuk, Pemandian Air Panas alami (Cipanas), PLTU Kamojang, Kebun Teh di Cikajang, Hotel dan Resort yang mempesona, Candi Cangkuang, Kawah Papandayan, kuliner yang menggoda selera dan banyak lagi. Dan yang jangan pernah dilupakan oleh semuanya adalah sejarah Garut yang juga sangat terkenal.

Untuk mengenai informasi terkini mengenai Tempat Bisnis, Kuliner, Wisata, Pendidikan dan tempat lainnya di Kota Garut silahkan bisa klik Direktori Kota Garut.

Tasikmalaya

Kota Santri adalah julukan terkenal bagi Tasikmalaya yang kini sejak 2002 telah mekar menjadi 2 pemerintahan (Kabupaten & Kota). Kini, Ibu Kota Kabupaten berada di Kecamatan Singaparna, sementara Ibu Kota untuk Pemerintahan Kota Tasikmalaya berada di pusat kota. Kemajuan Tasikmalaya baik kota maupun kabupaten sangat terasa signifikan. Salah satu yang bisa dijadikan indikator adalah dengan berdatangan para pemodal yang mendirikan berbagai tempat bisnis seperti hotel, rumah makan dan lain sebagainya.

Sepertinya halnya kota lain di priangann timur, Tasikmalaya juga merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat yang memiliki pemandangan alam elok dengan pesona tak terlupakan, Secara geogratif di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Majalengka, di sebelah Timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Ciamis, di sebelah selatannya adalah Samudera Hindia yang membentang, sementara di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Garut.

Jarak dari Ibu Kota Provinsi kurang lebih 100KM dan bisa ditempuh kurang lebih 3 jam perjalanan kendaraan. Untuk menuju Tasikmalaya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum bis, kereta api dan bahkan kedepan bisa di tempuh dengan menggunkan pesawat udara.

Seperti halnya kota lainnya di priangan timur, Tasikmalaya juga memiliki banyak sekali hal-hal yang terkenal, salah satu yang terkenal dari Tasikmalaya adalah masyarakatnya yang kreatif, hal ini terbukti dengan banyaknya hasil kerajinan tangan seperti kelom geulis, payung geulis, bordir, batik dan lain-lain. Pantai Cipatujah, Situ Gede, Gunung Galunggung serta berbagai macam kuliner yang menggoda selera. Dan yang jangan pernah dilupakan oleh semuanya adalah sejarah Garut yang juga sangat terkenal.

Untuk mengenai informasi terkini mengenai Tempat Bisnis, Kuliner, Wisata, Pendidikan dan tempat lainnya di Tasikmalaya silahkan bisa klik Direktori Kota Tasikmalaya.

Ciamis

Ciamis juga merupaan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang Ibu kotanya adalah Ciamis Kota. Kabupaten ini berada di bagian tenggara Jawa Barat, berbatasan dengan Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan di utara, Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah) dan Kota Banjar di timur, Kabupaten Pangandaran dan Samudra Hindia di selatan, serta Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya di barat.

Kabupaten Ciamis terdiri atas 30 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Ciamis.

Kecamatan Banjar, yang dulunya bagian dari Kabupaten Ciamis, ditingkatkan statusnya menjadi kota administratif, dan sejak tanggal 11 Desember 2002 ditetapkan menjadi Kota Banjar (otonom), yang terpisah dari Kabupaten Ciamis.

Selain itu bagian Selatan Kabupaten Ciamis mengalami pemekaran pada tanggal 25 Oktober 2012 menjadi Kabupaten Pangandaran yang memiliki 10 Kecamatan.

Untuk mengenai informasi terkini mengenai Tempat Bisnis, Kuliner, Wisata, Pendidikan dan tempat lainnya di Ciamis silahkan bisa klik Direktori Kota Ciamis.