Kolam Renang Bukit Kacapi Cigalontang Tasikmalaya tampat wisata yang asik di daerah perbatasan Tasikmalaya dan Garut sekarang semakin populer dan menjadi destinasi wisata pilihan para traveller. Paduan keindahan yang tersaji dari alam perkebunan teh yang dapat dinikmati para traveller sambil berenang. Bagi yang hobi touring pake motor, bisa menyempatkan untuk berkunjung ke lokasi wisata Kolam Renang Bukit Kacapi Cigalontang Tasikmalaya yang sedang ngehits ini.

Keindahan dan Sejarah Dibalik Nama Kolam Renang Bukit Kacapi Cigalontang Tasikmalaya

Kolam Renang Bukit Kacapi Cigalontang Tasikmalaya

 

Sebuah foto yang di uanggah di media sosial Bukit Kacapi ini menawarkan hamparan luas panorama perkebunan teh yang bisa memanjakan mata para pengunjungnya. Menelisik dan ingin mencari tahu informasi sejarah awal mula penamaan bukit kacapi ini dari berbabai sumber. Menurut keterangan dari Salah Satu warga sekitar Bernama Ibu Iis di terangkan dalam Bahasa Sunda.

“Janten kieu, nami bukit kacapi teh disapertoskeun kacapi (alat musik khas sunda). Pamandangan tidieu (dari kolam renang) kaluhur katingan sadaya. Lir di ibaratkeun kacapi, ti handap ka luhur katingal sadaya”

Fasilitas Kolam Renang Bukit Kacapi Cigalontang Tasikmalaya

Kolam renang yang berlokasi di Kp. Kurjati, Kec. Cigalontang, Ds. Tanjung Karang, Kab. Tasikmalaya. Menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, seperti :

  1.  1 Kolam renang dengan kedalaman kurang lebih 1,5 meter
  2.  Terdapat 2 Prosotan
  3.  4 Kamar Mandi (bilas)
  4.  3 gazebo saung tempat untuk beristirahat dan menikmati pemandangan
  5.  Banyak pedagang aneka makanan ringan dan nasi liwet
  6.  Pengunjung bisa berfoto di atas ban pelampung secara gratis
  7.  Area parkir kendaraan

Rute Perjalanan

Untuk mengunjungi Bukit Kacapi, jika berangkat dari Kota Tasikmalaya, lebih kurang satu jam setengah dengan menggunakan sepeda motor. Lokasinya berada di Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya. Untuk mempermudah, acuan utama untuk pergi ke Bukit Kacapi yaitu jembatan perbatasan Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya. Sesampainya di jembatan perbatasan, belok kanan masuk ke jembatan kecil. Jika masih bingung, coba tanya ke pangkalan ojek yang ada didekat jembatan kecil. Bilang saja ingin ke Bukit Kacapi atau Kurjati. Namun tenang, di sepanjang perjalanan menuju Bukit Kacapi, ada beberapa arah petunjuk untuk sampai ke Bukit Kacapi.

Wisata Alam di Tasikmalaya Yang Sedang Ngehits

Jarak yang ditempuh dari jembatan kecil tadi menuju ke Bukit Kacapi terbilang cukup lama. Ukuran jalan yang kecil, naik turun, dan bebatuan, membuat setiap pengendara harus berhati-hati. Jika menggunakan mobil pun mungkin cukup untuk satu mobil. Disepanjang perjalanan, sesekali akan berpapasan dengan ibu-ibu yang membawa kayu dan daun-daun teh yang telah dipetik. Adapula anjing yang sesekali melintas. Terlepas dari perjalanan dari awal tadi yang cukup menguras tenaga, hamparan panorama perkebunan teh akan menyambut kedatangan para pengunjung.

Harga tiket kolam renang bukit kacapi cigalontang tasikmalaya

–          Di awal melewati jembatan kecil tadi, setiap pengunjung akan dikenakan biaya Rp. 2000 untuk roda dua, dan Rp. 4000 untuk roda empat.

–          Tiket untuk masuk ke kolam renang terbilang murah, yaitu Rp. 5000

–          Harga-harga soft drink ataupun snack yang berada di warung didalam kolam renang pun terbilang terjangkau. Namun saat saya kesana, pedagang mie ayam dan batagor sedang tutup.

–          Warung satu lagi berada di luar dekat loket tiket dan tempat parkit. Warung tersebut menyediakan aneka gorengan, juga mie rebus. Harganya pun terbilang terjangkau.

*Catatan

Setiap hari Jumat, kolam renang akan dikuras dan diganti dengan air bersih. Perlu menunggu seharian jika ingin berenang di hari tersebut. Namun, bagi yang ingin menikmati keindahan panorama perkebunan teh, atau sekedar berfoto di sekitar kolam, bisa datang kapanpun. Temukan di Google Maps

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here