Kabupaten Ciamis juga merupaan salah satu kabupaten di Provinsi di Indonesia yang berada di Provinsi Jawa Barat yang Ibu kotanya adalah Ciamis Kota. Kabupaten ini berada di bagian tenggara Jawa Barat, berbatasan dengan Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan di utara, Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah) dan Kota Banjar di timur, Kabupaten Pangandaran dan Samudra Hindia di selatan, serta Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya di barat.

Kabupaten Ciamis terdiri atas 30 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan Kabupaten  Ciamis berada di Kecamatan Ciamis.

Kabupaten Ciamis telah melakukan dua kali pemekaran daerahnya. Yang pertama adalah Kecamatan Banjar yang dulunya bagian dari Kabupaten Ciamis telah ditingkatkan statusnya menjadi kota administratif, dan sejak tanggal 11 Desember 2002 berdiri sendiri, memiliki pemerintahan sendiri dan ditetapkan menjadi Kota Banjar (otonom), yang terpisah dari Kabupaten Ciamis.

Selain itu Kota Banjar yang telah memiliki pemerintahan sendiri, di bagian selatan Kabupaten Ciamis mengalami pemekaran yang ke dua kalinya yaitu pada tanggal 25 Oktober 2012 dengan berdirinya pemerintahan kabupaten baru yaitu kecamatan pangandaran menjadi Kabupaten Pangandaran yang memiliki 10 Kecamatan.

Untuk mengenai informasi terkini mengenai Tempat Bisnis, Kuliner, Wisata, Pendidikan dan tempat lainnya di Ciamis silahkan bisa klik Direktori Kota Ciamis.

Kabupaten Ciamis

alun alun kabupaten ciamis, kabupaten tasikmalaya
Sumber foto: obatkeputihanladyfem.com

Kabupaten Ciamis adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat Indonesia yang beribukota di Kecamatan Ciamis Kota ini memiliki luas kurang lebih 1.434 km² dengan jumlah penduduk kurang lebih 1,389 juta jiwa.

Transportasi Menuju Ciamis

Untuk bisa sampai ke ciamis, transportasi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan kereta api, karena Kabupaten Ciamis berada di jalan lintas jalur (Bandung-Yogyakarta Surabaya) yang dilintasi jalur kereta api lintas selatan jalur bandung – yogyakarta – surabaya.

Selain menggunakan kereta api, untuk bisa mengunjungi ciamis juga bisa menggunakan bis antar kota dan juga bisa menggunakan pesawat terbang melalui bandara wiriadinata yang berada di kota tasikmalaya. Adapun jarak dari bandar udara wiriadinata kota tasikmalaya ke ciamis menggunakan perjalanan darat berkisar antara 15 – 30 menit.

Sejarah Ciamis

Kabupaten Ciamis memiliki sejarah yang penting, karena ciamis dahulu merupakan sebuah kerajaan besar sangat terkenal di dunia, bahkan hingga kini Ciamis masih terkenal dengan Galuh sebagai nama kerajaan pada zaman dahulu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here