Cara Membuat Keripik Tempe Tapioka yang Renyah dan Gurih – Jika mendengar Tempe tentu sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia, apalagi ibu-ibu. Ya, tempe merupakan makanan khas Indonesia dibuat dari fermentasi kedelai dan hingga saat ini tempe sangat populer di seluruh dunia. Bukan hanya karena harganya yang murah meriah tetapi juga kandungan nutrisinya yang tinggi.

Dalam 100 gram tempe kedelai mengandung kalori sekitar 201 Kkal, protein 20,8 gr, lemak 8,8 gr, karbohidrat 13,5 gr dan serat 1,4 gr. Cukup menggiurkan kan?

Ada banyak aneka olahan yang bisa Anda hidangkan dengan bahan baku tempe, mulai dari tempe goreng, tempe oreg, tumis tempe bahkan sate tempe. Selain itu, tempe juga bisa dijadikan camilan yakni dengan dibuat keripik tempe.

Tentang Keripik Tempe

Keripik tempe adalah makanan yang terbuat dari Tempe yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Makanan ini tersebar hampir merata di seluruh Pulau Jawa.

Untuk proses pembuatan keripik tempe biasanya bakal tempe (sudah beragi) dicampurkan dengan tepung agar memiliki tekstur yang krenyes, seperti tepung sagu, tepung beras bahkan tepung tapioka.

Adapun aneka keripik tempe yang akan Anda simak pada kesempatan kali ini adalah keripik tempe tapioka. Dimana bakal tempe dicampurkan dengan tepung tapioka agar mendapatkan rasa gurih dan renyah. Penasaran kan cara buatnya? Yuk kita langsung ikuti resepnya.

Cara Membuat Keripik Tempe Tapioka yang Renyah dan Gurih

Cara Membuat Keripik Tempe Tapioka yang Renyah dan Gurih
Sumber: Coockpad

Bahan-bahan :

  • 300 gr Bakal Tempe (sudah beragi)
  • 200 gr Tepung Tapioka
  • Plastik Lontong, tali rafia, tusuk gigi

Bumbu larutkan:

  • 1 sdt Ketumbar bubuk
  • 3 siung Bawang Putih haluskan
  • 1 sdt Garam
  • 30 ml Air

Langkah-langkah pembuatan keripik tempe tapioka :

  1. Campur dalam wadah Bakal Tempe dan Tepung Tapioka (Alat jangan terkena air, garam dll = harus bersih). Gunakan sendok Nasi untuk mengaduk bahan hingga rata.
  2. Masukkan dalam plastik ikat rapi, tusuk-tusuk permukaan plastik dengan tusuk gigi agar fermentasi bisa merata.
  3. Jika sudah terlihat tanda hitam pada lubang bekas tusuk gigi, tempe sudah bisa di olah.
  4. Iris tempe tipis-tipis dan kemudian goreng.
  5. Celup dalam larutan bawang sebentar saja. Goreng dalam minyak panas hingga matang.
  6. Keripik tempe siap disajikan.

Bagaimana, cukup mudah dan sederhana kan resep cara membuat keripik tempe yang renyah dan gurih?

Jangan Lewatkan:

Aneka camilan ini sangat cocok untuk dihidangkan ketika berkumpul keluarga ataupun hari raya. Tapi, Anda juga bisa menjadikan keripik tempe ini sebagai sumber penghasilan lho dengan menjualnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here