Cara Membuat Cupcake Singkong Coklat Spesial yang Enak – Apakah Anda sebelumnya pernah merasakan enaknya cupcake? Tapi uniknya, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi resep membuat cupcake dari singkong. Apa bisa? Mari kita buktikan!

Cara Membuat Cupcake Singkong Coklat Spesial yang Enak
Sumber: Google

Cupcake merupakan salah satu dari macam-macam kue basah yang dapat diklasifikasikan sebagai kue jenis bolu, akan tetapi bentuknya tidak sama. Jika bolu berukuran besar kemudian dipotong menjadi beberapa bagian, tapi kue cupcake sendiri mempunyai cetakan khusus yang dari nama kue itu sendiri kita bisa membayangkan bahwa cetakan tersebut adalah berupa cup.

Cupcake menjadi salah satu kue yang gemar dicari, ini bukan hanya dikarenakan oleh rasanya yang enak dan nikmat, banyaknya bentuk, tampilan, dan varian ataupun hiasan dari kue cupcake itu sendiri menjadikan kelebihan dan merupakan salah satu daya tarik bagi yang melihatnya.

Karena itu orang-orang juga sering menamakan kue tersebut dengan cupcake ataupun bisa disebut Muffin Tins. Kue ini asalnya dari Belanda dan di negara tersebut kue cupcake ini adalah salah satu kue yang dijadikan cemilan yang selalu disediakan untuk menemani waktu minum kopi.

Cara Membuat Cupcake Singkong Coklat Spesial yang Enak

Sekarang ini ada banyak macam-macam resep cupcake seperti salah satunya adalah resep cupcake singkong coklat. Tentu Anda penasaran kan cara membuat cupcake dari singkong? Yuk kita simak langsung resep berikut:

Bahan-bahan :

  • 1 kg singkong
  • 1/4 kg tepung terigu
  • 4 butir telur ayam
  • 1 sdt ovalet/SP
  • 2 bungkus bubuk coklat
  • 1 sachet vanili
  • 1/4 kg gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 bungkus margarine
  • 350 gr keju parut
  • 100 gr coco chips

Langkah-langkah pembuatan cupcake singkong coklat spesial yang enak :

  1. Kupas singkong dan cuci sampai bersih setelah itu parut singkong ambil sarinya saja.
  2. Siapkan mixer, masukkan telur, margarine, gula, garam, ovalet, vanili, bubuk coklat dan sari singkong. Mixser sampai mengembang.
  3. Setelah mengembang masukkan tepung terigu, aduk hingga rata.
  4. Masukkan ke dalam cetakan lalu kukus sampai mengembang.
  5. Setelah mengembang angkat dan sajikan di piring beri taburan keju parut dan coco chips.
  6. Cupcake siap dihidangkan.

Agar terlihat lucu dan terlihat lebih menarik kita dapat juga memberi kue cupcake coklat tersebut hiasan tambahan. Bisa menggunakan buah-buahan segar, butter cream, ataupun fondant yang telah siap saji yang banyak tersedia di pasaran.

Jangan Lewatkan:

Nah, itulah tadi ulasan mengenai bagaimana cara membuat cupcake singkong coklat dengan cara sederhana. Ada banyak sekali macam varian hiasan yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan cupcake seperti misalkan permen coklat atau permen warna-warni lainnya, coklat serut atau icing, dan juga bisa juga mengguanakan serutan keju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here