Cara Membuat Bola Ubi Kopong Manis Anti Gagal – Apakah sebelumnya Anda sudah pernah mencicipi kudapan bola ubi kopong? Rasanya yang manis, renyah, dan sedikit kenyal di bagian dalam memang bikin ketagihan. Apa lagi jika disantap dalam keadaan hangat.

Bola-bola ubi kopong dengan citarasa legit ini termasuk jajanan pinggir jalan yang populer di Thailand dan negara-negara Melayu. Sekarang bahkan menjadi salah satu makanan yang hits di kalangan anak muda Indonesia.

Tetapi Anda juga bisa membuat bola ubi sendiri di rumah. Hanya berbekal beberapa bahan sederhana saja, bola ubi kopong dapat dibuat dengan cita rasa yang memanjakan lidah.

Ada berbagai versi dalam membuat bola ubi ini. Biasanya kita mengenal bola ubi dengan isi gula merah yang lumer di lidah. Namun, ada pula bola ubi kopong yang tidak memiliki isi apa pun di dalamnya. Bola ubi kopong ini memiliki tekstur yang renyah saat digigit.

Meski tak ada isi di dalamnya, rasa bola ubi kopong ini tak akan mengecewakan. Berikut kami bagikan tentang cara membuat bola ubi kopong. Sangat pas dinikmati saat untuk berkumpul keluarga saat libur panjang.

Resep Cara Membuat Bola Ubi Kopong Manis Anti Gagal

Cara Membuat Bola Ubi Kopong Manis Anti Gagal
Sumber: Cookpad

Nah, bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk membuat dan mencicipi bola ubi kopong yang nikmat ini serta memiliki rasa manis-gurih, mari kita langsung simak resep cara membuat bola ubi kopong dan tips sederhana berikut.

Bahan-bahan :

  • 200 gr ubi rebus, haluskan
  • 70 gr kanji
  • 20 gr maizena
  • 50 gr gula halus
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • Air secukupnya (bila perlu)
  • Minyak goreng

Langkah-langkah pembuatan bola ubi kopong :

  1. Campur semua bahan kecuali minyak goreng. Kemudian aduk rata. Jika masih terasa akas/ kering bisa di kasih air, tapi jika sudah bisa di pulung, air tidak usah di tambahkan. Ciri adonan akas ketika di pulung adonan pecah.
  2. Bulatkan adonan sesuai selera. (jangan terlalu besar) lakukan sampai habis. Kemudian panaskan minyak dengan api sedang.
  3. Goreng bulatan ubi sampai kelihatan kulitnya (mulai coklat) tekan perlahan dengan sutil. Jangan sampai pecah, bergantian dengan yang lain. Bola-bola ubi akan mengembang dan ringan. Bolak balik sampai matang merata. Angkat dan tiriskan.
  4. Bola ubi kopong siap di sajikan.

Itulah cara mudah membuat bola ubi kopong sendiri di rumah yang manis anti gagal.

Tips Membuat Bola Ubi Kopong Anti Gagal

Setelah Anda mengetahui bahan-bahan serta langkah-langkah cara pembuatan bola ubi kopong, Anda juga perlu memperhatikan beberapa tips agar proses pembuatan bola ubi kopong berjalan sesuai yang diharapkan. Dan berikut beberapa tips sederhananya:

1. Ayak bahan kering supaya lebih mudah tercampur

Bola ubi memakai bahan kering yang akan dicampur dengan ubi. Bahan tersebut adalah tepung tapioka, gula halus, dan baking powder. Supaya lebih mudah tercampur, ayak bahan kering hingga tak ada yang menggumpal. Selain itu, bahan kering yang sudah diayak juga meminimalisir gumpalan adonan saat bola ubi digoreng. Alhasil, bola ubi bisa kopong deh!

2. Jangan ganti baking powder dengan bahan pengembang lain

Rahasia bola ubi yang mengembang bulat adalah baking powder. Apalagi pakai yang double acting, dijamin bola ubi tak akan kempis saat keluar dari minyak. Baking powder juga tidak meninggalkan rasa getir meski dimasukkan sedikit lebih banyak. Jadi, sebisa mungkin jangan ganti dengan pengembang lain seperti baking soda. Meskipun namanya mirip, karakter dua bahan pengembang ini berbeda, lho.

3. Campurkan bahan kering saat ubi sudah dingin

Ubi jalar perlu dilumatkan terlebih dulu agar mudah tercampur dengan bahan lain. Caranya, kukus ubi jalar hingga lunak dalam panci dandang. Kupas kulitnya dan haluskan ubi jalar saat masih panas. Mengapa? Karena ubi jalar akan kembali mengeras kalau sudah dingin. Nah untuk mencampurkannya dengan bahan kering, tunggu ubi halusnya agak dingin dulu, ya. Jika dicampur saat masih panas, adonan bola ubi akan cenderung lengket dan sulit dibentuk. Selain itu, dalamnya akan sulit kopong saat digoreng.

4. Masukkan adonan bola ubi saat minyak sudah panas

Kalau adonan sudah dibulat-bulatkan, tuang minyak dalam wajan dan panaskan dengan api sedang. Saat memasukkan bola ubi untuk digoreng, pastikan minyaknya tidak terlalu panas, ya. Minyak terlalu panas dapat membuat bola ubi cepat matang, tapi dalamnya tidak kopong. Anda bisa memasukkan bola ubi saat mulai muncul gelembung-gelembung pada minyak. Jika bola ubi sudah masuk, percikannya tidak akan sebesar kalau pakai minyak terlalu panas.

5. Tekan bola ubi dengan spatula sambil terus dibolak-balik

Selama menggoreng, bolak-balik bola ubi supaya matang merata. Nah kalau luarnya sudah sedikit garing, maka saatnya menekan bola ubi dengan spatula. Salah satu trik abang penjual adalah menekan bola ubi hingga terlihat kempis. Tapi jangan khawatir, bola-bola ubi tersebut akan mekar lagi nantinya. Lakukan terus hingga bola ubi mengembang dua kali lipat dari ukuran awal. Dengan begitu, bisa dipastikan bola ubi sudah kopong dalamnya.

Jangan Lewatkan juga:

Nah, itulah resep cara membuat bola ubi kopong manis anti gagal serta beberapa tips sederhana yang bisa Anda perhatikan ketika proses pembuatan bola ubi kopong supaya berhasil. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here